Selasa, 19 Februari 2013

PMDK II UKMI-JNI 2013

Posted by Hanum Wahyu Wibisono On 19.59 No comments
Bertempat di Gua Kiskendo yang berada di perbukitan Menoreh Kulonprogo, UKMI-JNI INSTIPER Yogyakarta mengadakan Pelatihan Manajemen Dasar keUKMIan (PMDK) II, Jum'at - Ahad, 15-17 Februari 2013. Pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan bagi kader baru UKMI-JNI setelah beberapa bulan yang lalu mengikuti PMDK I. Dalam agenda yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini, materi yang disampaikan lebih menjurus kedalam pengelolaan organisasi, tidak seperti ketika PMDK I yang masih membahas hal-hal yang mendasar.
Ada yang berbeda dari PMDK II kali ini dengan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan UKMI-JNI sebelumnya. Jikalau pelatihan-pelatihan sebelumnya agenda dilaksanakan didalam ruangan, tapi konsep untuk PMDK II tahun ini dilaksanakan di luar ruangan. Para peserta yang 90% merupakan mahasiswa baru pada pelatihan ini harus mendirikan tenda di lapangan guna menjadi tempat mereka untuk beristirahat. Konsep seperti ini dilakukan dengan tujuan supaya kader UKMI-JNI yang terbentuk nantinya merupakan kader yang kuat, baik kuat secara fisik maupun kuat secara mental. Konsep seperti ini merupakan implementasi dari tema yang telah disepakati bersama yakni ‘Meneguhkan Hati, Militansi Tak Kenal Henti’.
Pelatihan ini diisi dengan beberapa materi tentang pengelolaan organisasi, seperti bagaimana kita bisa berkomunikasi secara efektif dan bagaimana cara kita membagi waktu antara kuliah dengan berorganisasi. Terlihat sekali antusiasme dari peserta pelatihan, terbukti peserta pelatihan dapat aktif untuk berdiskusi dengan pemateri yang ada.
Diakhir acara, dibentuklah juga kelompok-kelompok kecil yang nantinya akan menjadi teman dalam perjalanan selama menjadi anggota UKMI-JNI. Harapannya dengan adanya kelompok-kelompok kecil ini, kader baru yang telah masuk ke UKMI-JNI dapat terjaga. Selain itu dengan adanya kelompok ini, nantinya ilmu-ilmu yang baru akan mudah untuk ditransfer dari para senior kepada anggota barunya, sehingga nantinya keberlanjutan sebuah organisasi yang merupakan fungsi dari kaderisasi dapat berjalan dengan baik.
Peserta PMDK II ini nantinya akan segera bekerja dalam kepengurusan UKMI-JNI pada beberapa bulan kedepan sebagai pengganti anggota angkatan 2011 yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Pemagangan kader baru ini nantinya selain sebagai sporting system juga bisa menjadi latihan bagi kader baru untuk menjalankan amanah yang telah diberikan.
.:: Keep Istiqomah, Karena Dakwah Tak Kenal Lelah ::.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar