Selasa, 22 September 2009

Meriahnya Malam Idul Fitri di Bumi Toyan

Posted by Hanum Wahyu Wibisono On 23.51 No comments
Seperti tahun tahun sebelumnya, Masjid Al Hikmah Toyan juga mengadakan kupatan. Acara kupatan di Masjid Al Hikmah Toyan dimulai pada hari Jum’at, 18 September 2009 yakni mencari janur (daun kelapa yang masih muda). Pada malam harinya, setelah shalat Tarawih jama’ah, muda mudi masjid Al Hikmah berkumpul di serambi masjid. Mereka bersama - sama membuat wadah kupat. Alhamdulillah target membuat 300 akhirnya selasai juga.
Pagi harinya, Rismas dan ibu – ibu memasak ketupat di Masjid, untuk dihidangkan pada malam harinya, yakni pada waktu takbiran. Setelah shalat Dhuhur, pembayaran zakat di Masjid Al Hikmah Toyan dibuka. Tak butuh waktu lama, jama’ah datang dengan sendirinya untuk membayar zakat, ada yang berupa beras, ada pula yang berupa uang. Seluruh zakat yang terkumpul disalaurkan kepada yang berhak oleh amil zakat dan Rismas setelah shalat Maghrib.
Akhirnya, yang ditunggu tunggu pun tiba, yakni acara Kupatan. Setelah selesai Shalat Isya’, ketupat yang telah dibuat sebelumnya dibagi kepada jama’ah yang hadir di Masjid. Walaupun sempat terjadi kurang komunikasi antara anggota Rismas, akhirnya acara kupatan pun berjalan dengan lacnar.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar